Begini Cara Menjadi Moderator yang Baik di Suatu Acara

Begini Cara Menjadi Moderator yang Baik di Suatu Acara

Cara Menjadi Moderator – Peran sebagai moderator dalam sebuah seminat, debat, ataupun presentasi sangatlah penting. Dihitung dari sejak MC mempersilakan naik ke atas panggung, keseluruhan acara otomatis dipegang kendali oleh moderator itu sendiri. Dalam jalannya sebuah diskusi, penepatan topik oleh juru pembicara sampai penutup pun di pandu olehnya. Karena moderator menjadi salah satu kunci lancarnya suatu penyelenggaraan dalam acara.

Maka dari itu, mejadi seorang moderator pelu persiapan yang matang. Jika anda ditunjuk sebagai moderator dalam berbicara didepan public belum cukup lho. Tentunya masih ada beberapa cara yang harus anda tempuh menjadi moderator seminat, debat, atapun presentasi yang bagus.

Nah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum beberapa cara menjadi moderator yang baik dan anda lakukan di suatu acara dan berikut dibawah ini:

Inilah 5 Cara Menjadi Moderator yang Baik di Suatu Acara

  1. Mencari Tahu dan Topik yang Ingin di Bawakan

Cara menjadi moderator yang petama ini adalah dengan mencari tahu dan topik yang ingin dibawakan. Anda perlu riset tentang identitas dalam pembicaraan seperti pengalaman kerjanya selama ini dan materi yang akan ia bawakan saat sesinya nanti.

Jika sempat, ajak ia untuk bisa berbincang sejenak untuk beberapa saat sebelum acaranya dimulai. Bangunkan percakapan dengan sopan dan santai agar anda lebih percaya diri lagi saat ingin memandu disesinya nanti.

  1. Memperhatikan Bahas Tubuhmu saat Memimpin Acara

Ketika memimpin disuatu acara offline, ada baiknya perhatikan posisi duduk anda agar selalu mengarah ke pembicara. Selain sopan, anda juga tampak dihormati dan antusias dengan topik yang sedang dibicarakan.

  1. Mempelajari Susunan Acara dan Cara Bridging dari 1 sesi ke sesi selanjutnya

Susunan suatu acara dapat anda dapatkan dari panitia penyelenggara. Usahakan minimal 1 hari sebelumnya, anda sudah memiliki berkas untuk anda pelajari. Dengan meneliti susunan acara, anda akan mengetahui kapan saja saatnya untuk pergantian sesi.

  1. Menyimak Pembiacara saat Sedang Memaparkan Materi

Tugas sebagai moderator tidak sekedar hanya memandu jalannya forum. Namun, anda perlu berantusias juda dengan topik yang dibawakan oleh pembicara tersebut, karena nantinya saat sesi tanya jawab tersebut, dapat dengan mudah untuk menjawabnya. Selain itu, anda juga bisa menyiapkan beberapa pertanyaan lanjutan dari hasil riset anda di awal.

  1. Siapkan Beberapa Buku Catatan untuk Dapat Mencatat Pertanyaan perserta Forum

Cara menjadi moderator yang terakhir ini memang terdengar sepele, akan tetapi jika sampai anda luput tentunya akan sulit urusannya. Ketika peserta forum mulai mengajukan beberapa pertanyaan, maka tugas anda adalah untuk mempersilakan mereka dan mencatat bertanyaannya tersebut. Karena hal ini berguna untuk mengingatkan pembicara tentang pertanyaan yang harus ia jawab.

Dan itulah beberapa cara menjadi moderator yang dapat anda lakukan. Demikian pembahasan kami pada kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga: Dapat Dicoba! 3 Cara Mengelola Keuangan Anda dengan Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *