game online

Panduan Cara Agar Tidak Kecanduan Game Online

Jangan anggap enteng, fenomena kecanduan game online bisa menjadi masalah serius jika tidak ditanggapi dengan serius. Coba Pro dan tanyakan pada diri Kamu, berapa banyak waktu dan uang yang Anda habiskan untuk bermain game online dalam sebulan terakhir?

Dengan berkembangnya dunia mobile gaming, kini kita tidak perlu lagi repot mempunyai konsol atau PC untuk bermain game online. Cukup swipe dan tap di layar ponsel, dan Kamu dapat langsung memainkan game online kapan saja dan di mana saja.

Memang kemudahan ini mempunyai kelebihan tersendiri, namun juga memudahkan para profesional terjerumus dalam jurang kecanduan game online.

Apa Gejala Awal Kecanduan Game Online?

Secara kasar, gejala kecanduan game online muncul saat seseorang mulai menunjukkan ketergantungan yang berlebihan terhadap game online. Individu mulai merasa bahwa hidupnya berputar di sekitar video game dan mulai mengabaikan tanggung jawabnya dan aspek lain dari hidupnya.

Dalam skala ringan, orang yang kecanduan game online mungkin meninggalkan hobi dan interaksi sosial hanya untuk fokus bermain game. Tetapi, ketika skalanya parah, pecandu game online mulai mengabaikan kebutuhan hidup dasar mereka seperti makan dan tidur untuk terus bermain game.

Selain itu, banyak kondisi kesehatan seperti obesitas atau DVT (deep vein thrombosis) dapat muncul ketika Anda banyak duduk untuk bermain game. Karena kecanduan game online tidak mempunyai definisi klinis yang pasti, sulit untuk menemukan jumlah orang yang kecanduan permainan online. Korea Selatan, salah satu negara dengan kasus kecanduan game online terbanyak, mengumumkan bahwa 16% populasi mudanya berisiko menjadi kecanduan game online.

Tips & Trik Atasi Kecanduan Game Online

Di masa pandemi ini, pasti tidak sedikit Pro yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game bukan? Supaya Anda tidak menjadi korban kecanduan game online, kamu bisa mencoba tips bermain game berikut ini.

  • Tetapkan Batas Waktu untuk Main Game Online

Khusus untuk kamu yang bermain game di Android dan iOS, sistem operasi ini mempunyai banyak fitur yang bisa mencegah kamu menjadi pecandu game online. Di Android, fitur ini biasanya memiliki nama Digital Wellbeing sedangkan iOS mempunyai fitur Screen Time.

Meskipun namanya berbeda, kedua fitur ini bekerja sama untuk memantau dan membatasi penggunaan ponsel dan aplikasi Anda. Di sini, Anda dapat melihat penggunaan telepon rata-rata dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk aplikasi tertentu.

Nah, melalui fitur ini, kamu juga bisa mengatur batas waktu penggunaan untuk aplikasi tertentu. Ketika waktu yang diberikan hampir habis, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan ponsel Anda akan secara otomatis menutup aplikasi ketika mencapai batas waktu yang ditentukan.

Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang masih kurang mempunyai pengendalian diri yang cukup dalam bermain game.

  • Kurangi Waktu Main Game Secara Perlahan

Seperti halnya menangani masalah kecanduan lainnya, kecanduan game juga harus ditangani secara perlahan. Efeknya akan jauh lebih efektif jika Anda secara bertahap mengurangi waktu bermain Anda daripada menghentikan diri Anda dari bermain game sama sekali.

Misalnya, coba kurangi waktu bermain game Anda dari 4 jam per hari menjadi 3 jam terlebih dahulu. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur, coba kurangi waktu Anda dengan video game dari misalnya 7 jam menjadi 6 jam.

Soalnya, para profesional juga harus bijak dalam menentukan berapa lama waktu bermain video game yang tepat. Dengan tak adanya definisi yang pasti untuk kecanduan game online, banyak profesional kesehatan masih bingung tentang waktu yang ideal untuk bermain game, terutama untuk orang dewasa.

Sebagai referensi, mungkin para profesional bisa mencoba membatasi waktu bermain game mereka menjadi 2 jam di hari kerja. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, Anda bisa membatasinya menjadi 4 jam. Selain itu, Pro juga harus istirahat setiap 1 jam.

  • Buat Batas Antara Anda dan Perangkat Anda

Untuk Pro yang saat ini WFH atau sekolah/perguruan tinggi online, penting bagi Anda untuk membuat batas fisik antara Anda dan perangkat video game Anda. Jika Anda sering bermain dengan ponsel, coba sembunyikan ponsel dari pandangan dan matikan notifikasi yang tidak perlu agar tidak mudah terganggu.Selain mengurangi risiko kecanduan game online, tips ini juga bisa bermanfaat bagi Anda yang kecanduan media sosial.

Untuk Pro yang tinggal bersama keluarga, Anda juga dapat meninggalkan perangkat Anda dengan seseorang di rumah sehingga Anda tidak tergoda. Sepertinya berlebihan, tetapi bisa sangat efektif untuk Pro yang masih tidak bisa mengendalikan diri.

  • Temukan Hobi Lain Selain Video Game

Solusi lain untuk mengatasi kecanduan video game adalah mencari hobi lain untuk mengalihkan perhatian Anda dari video game. Tapi, cobalah hobi baru Anda yang membutuhkan aktivitas fisik atau setidaknya tidak berhubungan dengan layar.

Suka Seperti disebutkan sebelumnya, masalah kesehatan duduk di depan layar terlalu lama adalah salah satu bahaya terbesar dari kecanduan video game. Nah, jika Anda beralih ke hobi lain seperti menonton video game streamer, maka Anda berbohong.

Banyak pecandu game online yang awalnya hanya menggunakan game sebagai penghilang stres namun akhirnya terbawa suasana. Cobalah untuk menghilangkan stres Anda dengan kegiatan lain seperti meditasi, atau ke media seni seperti musik dan melukis.

  • Dapatkan Bantuan Profesional

Jika semua cara mengatasi kecanduan di atas tidak efektif, upaya terakhir adalah berkonsultasi dengan psikolog. Meski terlihat sepele dibandingkan kecanduan alkohol atau narkoba, kecanduan game online juga bisa berakibat fatal jika dibiarkan.

Sebelum Pro mencapai tahap itu, coba gunakan layanan konseling online yang kini banyak bermunculan. Psikolog profesional biasanya memiliki metode sendiri untuk membantu mengurangi masalah kecanduan ini.

Main Game Bisa Menguntungkan Dalam Jumlah Yang Wajar

Sebelum kita berpisah, Pro harus ingat bahwa tujuannya di sini adalah untuk mengurangi waktu bermain, bukan untuk melarang Anda menyentuh video game sama sekali. Asalkan dinikmati dalam jumlah yang wajar, bermain game online mempunyai banyak manfaat, lho!

Contohnya dapat anda lihat di aplikasi MPL. Selain menghilangkan stress, kamu juga bisa mendapatkan Victory Diamonds yang bisa ditukarkan menjadi saldo GoPay dan LinkAja!

Baca Juga : Cara Main Game Yang Dapat Uang Di MPL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *