5 Cara Diet saat Puasa serta Menu yang Disarankan

5 Cara Diet saat Puasa serta Menu yang Disarankan

Cara Diet saat Puasa – Puasa selain jadi kesempatan dalam mengejar pahal dan rida dari yang maha kuasa, ada banyak orang menyatakan menjadi momen puasa Ramadan sebagai suatu peluang untuk menurunkan berat badan juga.

Namun, masih ada sebagian orang salah kaprah dengan hal ini saat bulan puasa. Jika hanya sekedar berharap untuk menurunkan berat banda, karena tidak makan ataupunminum dari terbitnya matahari hingga tengglam yang justru. Justru yang sering terjadi ini adalah hal sebaliknya yaitu kenaikan berat banda, kenapa bisa begitu? Ya, karena pola makan semakin tidak teratur dan tidak terkontrol dengan sangat baik.

Jika anda memang ingin menggunakan momen bulan puasa sebagai kesempatan menjaga ataupun menurunkan berat badan, tentunya anda harus tahu cara mengatur menu yang tepat selama sedang puasa. Nah, pada kesempatan kali ini. Kami telah merangkum beberapa cara diet saat puasa serta menu yang disarankan dan berikut dibawah ini:

Inialh 5 Cara Diet saat Puasa yang Baik dan Benar untuk Tubuh

  1. Mengurangi Sedikit Makanan yang Berkalori

Cara diet saat puasa yang pertama ini adalah dengan mengurangi sedikit makanan yang berkalori. Rata – rata wanita memerlukan makan sebanyak 2000 kalori untuk perharinya, dan sedangkan pria membutuhkan kalori 2500 per harinya. Nah, untuk menurukan berat badan idelanya anda perlu mengurangi 500 kalori setiap harinya. Dengan begitu, dapat diprediksi kehilangan 0,5 – 1kg berat per minggunya.

  1. Menghindari Minuman atau Makanan yang Terlalu Manis

Cara diet saat puasa selanjutnya adalah menghindari minuman ataupun makanan yang terlalu manis. Puasa dapat menurunkan berat badan benar adanya, jika anda mampu mengontrol asupan yang masuk kedalam tubuh anda. Diet saat sedang berpuasa akan efektif jika mengurangi makanan dan minuman yang manis – manus. Karena pasalnya kudapan tersebut bukan mengurangi rasa lapar, melainkan sebaliknya juga.

Selain itu, saat berpuasa produksi pada produksi insulin akan menurun, padahal berperan sebagai mengubah gula menjadi sumber  energi bagi tubuh. Jika tidak dapat diubah, maka tubuh akan anda akan menyimpan dalam bentuk lemak dan tuibuh juga akan cepat menggemuk.

  1. Tubuh Tetap Membutuhkan Makanan Karbohidrat dan Protein yang Seimbang

Waktu saat makan yang ke-2 ini dapat anda lakukan usai sedan salat tarawih, selain untuk melancarkan tubuh untuk pencernaan makanan sebelumnya. Jeda waktunya tidak membuat anda menjadi merasa terlalu lapar.

Anda juga dapat mengurangi prosi dari karbohidrat jika terasa udah kenyang. Walaupun begitu anda jangan lupakan protein dari berbahan nabati maupun hewani yaitu seperti tempe, telur, tahu, dan juga daging.

  1. Sama Ratakan Jumlah Kalori Menu Sahur dengan Hidangan Utama

Makanan saat sedang sahur sangat disarankan yang banyak mengandung protein dan juga serat sebagai cadangan energi dalam tubuh pada saat puasa. Selain itu juga dapat membantu tubuh jadi lebih kenyang, serat dan juga protein juga kaya akan nutrisi yang baik itu untuk pencernaan.

Dan itualh beberapa cara diet saat puasa. JIka anda ingin menurunkan berat badan pada saat bulan puasa, anda dapat mengikut yang sudah kami rangkum diatas agar tetap sehat dan memiliki energi yang cukup untuk menjalani bulan puasa. Demikian pembahasan kami pada kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga: Ini Dia! 5 Menu Takjil Buka Puasa yang Dijual Laris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *