Wajib Tahu! Cara Belajar Berenang Tanpa Perlu Les

Wajib Tahu! Cara Belajar Berenang Tanpa Perlu Les

Cara Belajar Berenang – Jika anda merupakan salah satu orang yang kurang beruntung jika belum bisa berenang. Karena berenang tidak hanya untuk olahraga saja, melainkan dapat untuk bermain – main juga. Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling terbaik dan terpopuler di seluruh dunia, karena melibatkan semua organ pada dalam tubuh untuk bergerak dan termasuk juga bermanfaat untuk kesehatan bagi jantung dan pernapasan.

Mungkin ada beberap dari anda yang masih mencoba untuk berlatih berenang, bisa jadi alasanya karena anda kurang berani untuk langsung masuk ke air. Nah, sebenernya ada beberapa cara belajar berenang yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa harus les dan berikut simak dibawah ini:

Cara Belajar Berenang Tanpa Perlu Les

  1. Mencari Teman yang Dapat Diajak untuk Belajar Berenang Bareng

Cara belajar berenang yang pertama ini, sebelum ingin memulai belajar berenang anda perlu cari teman buat menjaga anda kalau terjadi apa – apa. Siapa tahu kita tenggelam atau merasa panik di kedalaman kolam renang. Walaupun teman anda sama – sama tidak dapat berenang, paling tidak ia dapat memanggil orang lain untuk meminta pertolongan untuk membantu anda.

  1. Melatih Mental dengan Menyemplungkan Diri ke Dalam Air dan Dilanjutkan dengan Gerakan Melompat – lompat

Cara belajar berenang selanjutnya ini ada baiknya anda memulai berlatih di dalam kolam yang tidak terlalu dangkal, karena berenang di dalam kolam justru akan mengurangi tekanan air dan akibatnya tubuh anda jadi susah untuk mengapung

  1. Sebelum bisa Berenang, Pastikan Anda Harus Lebih Dahulu dapat Berjalan di Dalam Kolam

Yang perlu anda lakukan dan perhatikan disni adalah:

  • Berjalanlah dengan lutut yang ditekuk dan diayunkan di dalam air ke arah depan dan belakang, lakukan hal ini berulang – ulang.
  • Selanjutnya, berjalanlah dengan step Panjang dan pendek mengarah depan dan belakang.
  • Berjalan mengarah depan dengan menendangkan, lakukan hal ini secara berulang – ulang kali.

Latihan dari 3 step ini akan membantu anda untuk dapat berdiri dengan tegak didalam kolam dan menjaga keseimbangan tubuh anda didalam kolam.

  1. Belajarlah Pernapasan Anda

Latihan pernapasan ini sangat penting dalam belajar berenang, karena anda harus dapat atur napas anda di dalam air. Kapan saatnya untuk anda menghirup udara, kapan saatnya anda harus menghembuskan udara.

  1. Anda Harus dapat Mengampung, Baik itu telungkup maupun Telentang

Salah satu hal yang terpenting sebelum anda bisa berenang ini adalah anda harus bisa mengampung terlebih dahulu. Dan berikut ini dapat anda ikuti langkah demi langkahnya:

  • Saling Berhadapan dengan Patner anda, Condongkan badan anda ke depan secara perlahan – lahan, kemudian buka kedua kaki dan lengan anda sehingga anda mengapung seperti bentuk bintang.
  • Latihlah langkah tersebut secara berulang – ulang dan sampai benar – benar anda sudah dapat menguasainya. Posisi kepala benar – benar telentang hingga dapat melihat kea rah belakang, maka anda akan mengampung dengan sempurna.
  1. Setelah Anda Sudah Menguasai Cara Mengampung, Selanjutnya Melakukan Gerakan Meluncur

Jika anda sudah behasil mengampung, anda dapat melakukan gerakan meluncur agar sebagai awalan anda bergerak maju di air dan berikut ini dapat anda ikut langkah demi langkahnya.

  • Pertama – tama, Anda Berdirilah dengan tegak. Lal uke-2 lengan lurus keatas dan dirapatkan
  • Bungkukkan tubuh ke bagian depan, kemudian dada sampai mengenai permukaan air
  • Kemudian tolakkan salah satu kaki anda ke dinding tembok dan meluncurlah selama mungkin, pertahankan sikap meluncur sampai berhenti dan napas anda habis.
  • Lakukan step – step ini berulang – ulang kali sampai anda sudah bisa menguasainya.

Dan itulah beberapa cara belajar berenang yang dapat anda coba. Demikian pembahasan kami pada kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga: Begini Cara Menjadi Moderator yang Baik di Suatu Acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *