3 Pilihan Rumit Bagi Anda Yang Baru Lulus Kuliah S1 Perguruan Tinggi

3 Pilihan Rumit Bagi Anda Yang Baru Lulus Kuliah S1 Perguruan Tinggi

Lulus kuliah dan lulus adalah dambaan semua mahasiswa tentunya. Setelah melalui kurang lebih 4 tahun berjuang menimba ilmu dan harus bergelut dengan drama skripsi, pada akhirnya kamu resmi diwisuda dari bangku S1. Orang berpikir bahwa sukses lulus kuliah adalah sukses.

Namun. Nyatanya, lulus kuliah bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Padahal, kelulusan kuliah adalah awal dari perjuangan mengarungi kehidupan nyata. Anda yang baru saja lulus akan dihadapkan pada berbagai dilema yang seringkali membuat Anda bingung. Maka tidak heran jika pada fase ini banyak orang yang mengalami frustasi dan kegagalan.

Jadi setelah lulus kuliah, apa yang akan Anda lakukan? Tentu sangat rumit untuk memilih. Mari kita lihat 3 pilihan yang akan Anda hadapi setelah lulus.

3 Pilihan Rumit Bagi Anda Yang Baru Lulus  Kuliah S1 Perguruan Tinggi

  1. Bekerja

Opsi pertama adalah bekerja. Anda akan sibuk memutuskan akan bekerja di mana, di bidang apa, berapa gaji yang bisa Anda dapatkan, dan berbagai masalah terkait pekerjaan yang mungkin banyak menguras kewarasan Anda.

Anda baru saja lulus, Anda tidak memiliki harapan yang tinggi untuk gaji yang tinggi. Tetapi Anda mencoba berpikir untuk meningkatkan pengalaman dan wawasan Anda dengan gaji berapa pun yang Anda terima.

  1. Lanjut ke S2

Pilihan selanjutnya adalah melanjutkan studi untuk gelar Master. Bagi Anda yang mungkin memiliki dana untuk melanjutkan studi, sebaiknya pertimbangkan hal ini terlebih dahulu. Ini bukan tentang menunda pekerjaan, tetapi melanjutkan pendidikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan lebih lanjut yang harus Anda bawa ke tingkat berikutnya.

  1. Menikah

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan atau pacar dan terutama yang sudah mapan tentunya akan dihadapkan pada pemikiran untuk menikah. Selain itu, karena pasangan sudah mapan, biasanya pihak keluarga kedua belah pihak akan meminta mereka untuk segera meresmikan hubungan mereka.

Namun, dibutuhkan banyak wawasan dan ilmu untuk membangun rumah tangga yang bahagia sesuai tuntunan syariat. Jangan terburu-buru menikah jika merasa tidak mampu dalam banyak hal.

Baca Juga: Di hari pertama kerja, lakukan 3 hal ini agar berjalan lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *